Monday, January 27, 2014

Mowgli, Kotick, Rikki-Tikki dan Kala Nag


The Jungle Book

By. Rudyard Kipling
Atria, 239 pages


Halloo, 

Aku Baloo sang beruang hitam akan bercerita pada kalian..
Tentang Mowgli si anak manusia yang dibesarkan oleh papa dan mama serigala, tentang Kotick si anjing laut putih yang rupanya menjadi semacam "messiah" bagi kawanannya, atau tentang tiki-taka yang nama sebenarnya adalah Rikki-tikki namun entah mengapa sepanjang aku membaca cerita keberanian mongoose ini selalu menyebut dia dengan nama tiki-taka.. (dan penggemar Barca ga perlu juga geer gara-gara ini --") serta juga tentang Kala Nag seekor gajah yang kuat dan pemberani..

Pertama-tama marilah kita menuju ke sebuah hutan rimba. Di hutan inilah Mowgli si anak manusia itu hidup di tengah-tengah serigala. Ini bukan seperti Tarzan. Mowgli anak manusia yang pintar, memiliki mata yang tajam dan ingatan yang kuat. Ia bisa sampai ke tengah keluarga serigala gara-gara seekor harimau yang bernama sheer khan memburunya ketika Ia dan orang tuanya sedang berkemah di hutan. Ayahnya adalah penebang kayu, hal itu menjadikan Mowgli memiliki insting dalam mengolah kayu yang tidak biasa.

Kehadiran Mowgli di antara kawanan serigala tentunya tidak mudah. Dengan pembelaanku Baloo si beruang hitam dan tebusan seekor ternak lembu yang diberikan oleh macan kumbang Bagheera, Mowgli bisa tinggal dengan aman diantara para serigala.

Petualangan mowgli pun dimulai, bagaimana akhirnya dia beradaptasi dengan penghuni rimba lainnya, ataupun bagaimana petualangannya disandera oleh para monyet sampai kisahnya bersama sheer khan, harimau yang sejak awal memburunya sangat mengasyikkan untuk diikuti. 

Cerita yang kedua adalah tentang si anjing laut Kotick yang berbulu putih. Mungkin ini anjing lautnya albino kali yeee sampai kulitnya berbeda dengan kawanan anjing laut pada umumnya yg berwarna hitam. Dari semua cerita-cerita yang ada di aini, aku paling menyukai cerita ini. Bagaimana Kotick yang bukan hanya memiliki warna kulit yang berbeda, tapi juga jalan pemikiran yang berbeda.

Dia tidak pasrah dan menerima nasib saja ketika teman-temannya dibawa pergi oleh pemburu anjing laut untuk dikuliti, bahkan dia tidak ikut-ikutan berkelahi dengan anjing-anjing laut lainnya untuk memperebutkan tempat di pantai.. pikirannya visioner. Pokoknya keren banget deh si Kotick ini. Hingga akhirnya dia bisa membuktikan pemikiran-pemikirannya dan anjing-anjing laut lain mengikutinya. Makanya aku merasa dia seperti "messiah"  di dalam kawanannya.

Lalu tentang mongoose yang bernama rikki-tikki. Cerita ini sebenarnya tentang persahabatan antara manusia dan hewan sih, tapi uniknya.. Rudyard Kipling tidak memilih kucing atau anjing sebagai hewan yg memiliki peran di cerita ini, tapi seorang mongoose. Aku bahkan baru tahu binatang apa itu mongoose setelah membaca buku ini dan menggooglingnya tentu saja hehehe.. 
Sedangkan cerita terakhir adalah tentang Kala Nag, seekor gajah yang kuat dan pemberani.. untuk lengkapnya kalian bisa langsung membaca buku ini.

Menurutku, ini dongeng yang pas sekali dibacakan untuk anak-anak yang sudah masuk sekolah dasar. Terjemahannya bagus, dan cover bukunya cantik... empat bintang untuk buku ini.


 submitted for :







6 comments:

  1. buku yang masih ada di timbunanku #blush. penasaran beda sama yang di film apa engga ya kisah mowglinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku.. aku.. aku belum liat filmnya ._. Jadi ga tau hehejhe

      Delete
  2. bukuku juga masih ditimbun, masih plastikan pula XD

    ReplyDelete
  3. katanya sih beda sama di filmnya, hehehh. aku baca versi aslinya malah mabok sama bahasanya yang agak..em.. unik. jadi penasaran, terjemahannnya unik juga ngga ya?

    ReplyDelete
  4. aku juga udah baca buku ini versi terjemahan... :))

    @lucktygs
    http://luckty.wordpress.com/2014/01/30/review-the-frog-princess/

    ReplyDelete