Thursday, January 30, 2014

Gaiman Rasa Indonesia dan Santa


Orang-orang Tanah

By. Poppy D. Chusfani
Paperback, 200 pages
Published by Gramedia Pustaka Utama


Awal aku tahu tentang buku ini adalah dari seorang temen yang selera bacaannya aneh. Sebut saja dia si kumbang. Menurut kumbang, buku ini menarik. Aku yang mendapat referensi buku ini dari dia langsung mengernyit.. hei.. ini maksudnya menarik bagus atau menarik sangking anehnya? Yah tapi gara-gara itu juga aku jadi penasaran sama buku ini.

Oiya mau tau buku-buku selera si kumbang? Dia suka banget loh baca buku-bukunya Abdullah Harahap hahaha.. aneh kan? Malah kemarin dia cerita kalau pas dia mau nulis review buku AH yg berjudul "Misteri Penunggu Jenazah" lampunya tiba-tiba mati :))

Ah sudah, lupakan saja tentang kumbang dan selera bukunya yang aneh itu. Balik ke buku ini

Buku ini adalah karya mbak Poppy yang pertama aku baca. Aku tak tahu kalau buku ini adalah antologi. Ada sembilan cerita di buku setebal 200 halaman ini..

1. Jendela
2. Pelarian
3. Pondok Paling Ujung
4. Bulan Merah
5. Dewa Kematian
6. Pintu Kembali
7. Lelaki Tua dan Tikus
8. Sang Penyihir, dan
9. Orang-orang Tanah

Sengaja aku memberi judul review ini dengan Gaiman rasa Indonesia, karena aku memang merasa ini Gaiman banget. Jangan percaya dengan cover bukunya yang super unyu ini, karena cerita-cerita dalam buku ini sama sekali gak unyu!

Mbak Poppy berhasil membuat cerita-cerita horror yang absurd. Yah walaupun kalau kita perhatikan ada maksud tersembunyi di balik cerita-ceritanya.

Cerita favorite ku di buku ini berjudul "Pondok Paling Ujung". Ini adalah cerita yang berhasil membuat bulu kudukku berdiri. Membayangkan pohon yang penuh dengan ulat-ulat atau membayangkan ada apa di balik lapisan papan yang menutupi lantai podok itu.. duh beneran horror.

Tapi ada juga loh cerita-cerita yang aneh di buku ini. Misalkan tentang vampir yang ada di cerita Bulan Merah (eh ini beneran kan ya tentang vampir?). Gaiman juga pernah memakai tokoh vampir dalam ceritanya, tapi di buku ini pake ritual mandi darah segala loh buat penebus dosa.. dan aku mikir ritual kayak gitu kayaknya cuma ada di Indonesia. Kan sering ada tuh cerita horror Indonesia yang kalau mau memelihara kecantikannya harus mandi pake darah bayi atau darah perawan. Makanya aku menyebut kalau buku ini adalah Gaiman rasa Indonesia.

Aku baru nemu cerita seperti ini yang dikarang oleh penulis Indonesia. Biasanya kan bukunya setipe kayak karya-karyanya ayu utami, atau kalau gak yah yang model metropop gitu deh. walaupun cerita-cerita di antologi ini absurd banget, namun kalau dipikir lagi, di dalam cerita-cerita ini juga terdapat kritik sosial yang biasa terdapat dalam karya-karyanya ayu utami dkk. Namun kemasan cerita di buku ini jauh jauuuh lebih menarik buatku. Dan mbak Poppy kini masuk dalam salah satu penulis favoritku. Thank you santa for this wonderful book.

Yah pokoknya buku ini cocok banget deh buat kalian yang menyukai cerita-cerita horror yang aneh. Ceritanya benar-benar mencengkram hati banget.. five stars out

---

Dan sekarang adalah waktunya menebak siapakah santa yang memberikan buku ini..


Ini adalah kedua kalinya aku mengikuti event ini. Tahun kemarin, aku mendapatkan Essy sebagai santaku. Lalu siapakah tahun ini?

Aku memperoleh gift dari Santa sebelum batas akhir yang diberikan oleh teman-teman dari divisi event. Senang sekali dalam dua kali keikutsertaanku di event ini aku mendapatkan Santa yang serius dalam mengikuti event ini.

Dan aku tergelak saat tahu kalau aku mendapatkan dua buah buku yang kedua-duanyaa sama-sama antologi. Orang-orang Tanah dan Senyum Karyamin. Bukan apa-apa.. karena akupun secara tidak sengaja memberikan dua buah buku yang juga antalogi kepada X-ku. Sungguh amat-amat kebetulan :)). Duh event secret santa tahun ini ngasih banyak cerita deh buat aku..

Tertera dalam paket ini, kalau pengirimnya bernama Santa yang berasal dari Surabaya. Mengingat kalau tahun kemarin aku berhasil menebak siapa santaku salah satunya dari resi pengiriman hadiahnya.. tahun inipun aku berharap dengan metode yang sama dapat menebak santaku. Maka mulailah aku woro-woro di tengah grup WA BBI Jabodetabek untuk tahu siapa saja yang tinggal di Surabaya.. lalu kemudian kucluk kucluk datang Mbak Dewi yang bilang.. "Lun belum tentu santamu orang surabaya, bisa jadi dia minta kirimin Mbak Maria. Coba deh liat resinya.. kalau dari Pucang Anom itusih mbak Maria"

Dan benar ternyata dari mbak Maria. T_T dan aku kembali blank siapa santaku. Akupun kembali mencoba melihat riddle tersebut tanpa prasangka apa-apa. Kuprint data member BBI, kustabilo yang alamatnya kira-kira mengandung unsur pahlawan nasional. Lalu tidak ada petunjuk tambahan.. ._.

Setelah berkali-kali aku pusing mikirin santa dan ngoceh dimana-mana, serta mencoba merayu mbak Maria untuk memberikan petunjuk ternyata santaku memberiku petunjuk tambahan melalui Oky. Oiya untuk sekedar merefresh ingatan.. inilah riddle yang diberikan oleh Santaku..



Dan inilah petunjuk tambahan yang diberikan oleh santa..


Jelaskah tulisannya? Aku tuliskan kembali ya..

Dear Alluna, Maafkan kalau riddle santa sebelumnya tidak ada petunjuknya. Saking excitednya mau ngirim hadiah ke kamu jadi hal itu terlupakan. Semoga petunjuk ini bisa memecahkan kemisteriusan susana. Xoxoxo

satu tebasan pedang pahlawan 
memusnahkan tengah menyatukan dua arah 
berterbangan riang di tengah pusaran badai 
bertemu, berpisah, terkumpul dan terberai 
berubah bentuk dari sumber yang sama 
dan kembali terbagi oleh ruang hampa 
yang kiri lebih berat dari yang kanan 
bukankah angka sudah menyatakan? 
temukan nama pahlawanku dan kau temukan keberadaanku 
disanalah aku menunggu, tuk merayakan keberhasilanmu 
dan kalau kau masih ragu, aku yang kedua di halaman pertama

Dan masih ajaaaaaa aku blank...

Hingga tiba-tiba saat aku sedang sholat subuh, mendadak terpikir kalau yang dimaksud oleh petunjuk tambahan itu adalah kalau riddle pertama yang diberikan oleh santa adalah anagram.. (ketahuan deh sholatku gak khusyu --")

Jadi begini.. di riddle pertama ada huruf 6 : 4 dimana tanda : dipotong oleh tanda /.

satu tebasan pedang pahlawan 
memusnahkan tengah menyatukan dua arah 

Aku yakin kalau yang dimaksudkan dengan pedang pada kalimat di atas adalah tanda "/" jadi aku disuruh menyatukan 6 dan 4.
Satu-satunya hal yang merujuk kepada 6 dan 4 dari riddle pertamanya adalah kata "dari" yang berjumlah empat huruf dan kata "susana" yang berjumlah enam huruf. Lagipula kata "dari : susana" dalam riddle pertama digaris bawahi dan ditengah-tengah kata "dari" dan "susana" ada juga tanda ":" itu artinya aku harus menghilangkan tanda ":" dan menyatukan kedua kata tersebut... maka aku dapat "darisusana"

berterbangan riang di tengah pusaran badai 
bertemu, berpisah, terkumpul dan terberai 
berubah bentuk dari sumber yang sama

Maksud kalimat di atas pasti ANAGRAM!!!!!!! Sudah pasti deh.. artinya aku harus mengutak-ngatik kata "darisusana" sehingga membentuk kata yang lain.

dan kembali terbagi oleh ruang hampa 
yang kiri lebih berat dari yang kanan 
bukankah angka sudah menyatakan? 
temukan nama pahlawanku dan kau temukan keberadaanku 
disanalah aku menunggu, tuk merayakan keberhasilanmu 

Dari kalimat di atas, aku tahu kalau "darisusana" adalah anagram dari dua kata dimana kata yang pertama berjumlah enam huruf dan kata kedua berjumlah empat huruf yang merujuk pada nama pahlawan nasional. Maka setelah ku kutak katik muncul lah nama seorang pahlawan wanita yang berasal dari tanah minang yaitu RASUNA SAID

Dari situ aku girang setengah mati, hingga langsung mencari member BBI yang alamatnya di jalan Rasuna Said. Ternyata hanya dua orang yang alamatnya di sana yaitu Essy dan Zia. Berhubung Essy adalah santaku tahun lalu, jadi aku langsung beranggapan kalau Zia lah santaku kali ini. Akupun langsung menembak zia di twitternya.. "Eh Zia, kamu santaku ya?"
Dan cerita indah itu berakhir ketika kucluk kucluk mbak dewi dateng lagi.. "Lun, kayaknya bukan Zia deh santamu. Aku tahu siapa targetnya Zia." Lalu dia sebutkanlah nama yg dia perkirakan menjadi targetnya Zia. Dan kuperhatikan riddlenya, ternyata memang riddle itu merujuk pada blognya Zia..

Aaaaaaaaaa.....


Patah hatiku sepatah patahnya... lalu harus kucari kemana lagi santaku yang baik hati ini, seluruh bulan sudah kulewati.. apakah aku harus mengubah misiku dengan mencarinya di mars? Mungkin santaku ini makhluk super jenius tetangga alien sehingga bisa membuat riddle sedahsyat ini.

Hingga kemudian paman Tezar menghampiriku dan menepuk pundakku.. coba cari di tempat dimana pahlawan tersebut berasal. Ahaai.. tanah minang!

Kembali kususuri.. daftar alamat member BBI. Dan ternyata ada dua orang yang berasal dari Sumatera Barat. Yang satu adalah santa yang bermasalah itu.. dan yang satunya adalah mbak IRA ELVIRA.

Mulailah aku mendapatkan secercah harapan kalau santaku adalah mbak Ira. Sebenernya di sini mbak Dewi juga jadi malaikat penghancur impian ni... dia bilang klo kayaknya mbak Ira itu santanya selvi.. tapi sudahlah, kali ini aku tak peduli kata-kata mbak Dewi hahaha..

Kemudian kalimat terakhir..

dan kalau kau masih ragu, aku yang kedua di halaman pertama

Dear my lovely santa, tak tahukah dirimu kalau justru petunjuk terakhir ini yang membuatku bingung sama sekali? Hahhhhahaha.. satu-satunya yang terpikir olehku dengan kata halaman pertama di kalimat tersebut adalah daftar alamat member BBI yang sudah ada dua file yang artinya dua halaman. Dan nama kedua di halaman pertama dalam daftar tersebut adalah ANA RUSTANTI... jadi bingung lagi :(

Tapi.. sepertinya aku akan mengabaikan petunjuk terakhir ini dan menjatuhkan pilihan santaku kepada mbak IRA ELVIRA.

Semoga benar yaaaa... >.<

36 comments:

  1. Hahahahahahahha.........*ngakak guling2*
    Aku baru ngeh kalo aku sudah 2 kali (hampir 3 kali) menjadi penghancur tebakanmu. Maaf ya, Lun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dimaafkan mbak dew hahah soalnya tebakanku benar :D

      Delete
  2. Dan kalau yang barusan di WA itu bener (yang Bukittinggi itu), berarti bukan Mbak Ira lagi dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga mungkin ksh clue daerah asal menururku.. terlalu rumit :D kecuali udh kenal banget2..

      Delete
  3. mungkin juga Ana Rustanti, kayaknya dia Minang jugaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aheei bukan ternyata :D
      Tebakanku benar *nari hula hula*

      Delete
  4. Susana ini yg paling seru deh yak nebaknya, pinter bener ngasih riddle X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. semoga tahun ini ada pemilihan best riddle yaa. Kayak tahun kmrn

      Delete
  5. Menunggu kedok Susana terbongkar

    ReplyDelete
  6. waahh.. ga nyangka kalo susana bakal seribet ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bajaj jabodetabek sampe ada emote susana loh mbak haha

      Delete
  7. Ahem ... si Susana bakal tayang besok deh :D
    Btw, si kumbang itu inisialnya DN ya *salah-fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukaan.. DN juga terpengaruh so kumbang itu baca AH. Jadi siapakah kumbang? Hihihi

      Delete
  8. aduh, Luna... aku kok malah ngakak baca ceritamu, sih... :))
    maaf....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah pasti gara2 bu dokter dewi yak? :))

      Delete
  9. jadi luna patah hati 3 kali gegara dewi? #salahpokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa.. dua tahun yg lalu juga bu dokter dewi parah bgt ke aku, masak aku disuruh nonton semua episode oprah? ._.

      Delete
  10. Ketawa2 sendiri baca cerita Luna - oh susanaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Analisisku ternyata bener bun hihi cuma terakhir aja salah sedikit. Setelah tebakanku bener gini rasanya kayak orgasme pikiran hahah

      Delete
  11. Emot susana yg bikin heboh bajaj kok ga diceritain lu? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya dari awal udh rencana mau diceritain dit.. tapi lupa :( ini ajan nulis kisah susana udah panjang banget hahaha.. susana membawa banya k cerita.

      Delete
  12. ngakak banget baca kucluk kucluk Mbak dewi datang...jadi ingat lagu tema tuk utuk hamtaro berlari..tuk utuk hamtaro berlari.. =))

    me ikut kepo setengah mati sama SUSANA ini yg saking terburu2nya sampe lupa lepar anagramnya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sempet trauma klo mbak dewi nongol di bajaj jabo.. waaah jangan2 mau bilang analisisku salah lagi ini >.<

      Delete
  13. Hari Pengakuaaaan...!

    Halo Luna, ini aku SS-mu, Susana. Seneng banget dirimu suka buku-bukunya.

    Emang aku pesen bukunya dari Mbak Maria coz waktu masa pengiriman buku datang aku lagi di Bukittinggi. susah nyari toko buku disana. terus juga belajar dari tahun kemaren aku ngirim hadiah pake alamat kantor, cukup di google ama rahib identitasku langsung ketahuan.

    Analisa riddle-nya mantap banget deh, sesuai dengan yang aku pikirkan juga waktu membuatnya. waktu ngirim riddlenya ke mbak Maria, aku emang ditanya riddle-nya itu aja mbak Ira? waktu itu ga keinget sama sekali mau bikin tambahan petunjuknya. hehehehe...

    untuk yang "kedua di halaman pertama", sebenarnya Luna udah jawab kok di postingan ini :

    "Kembali kususuri.. daftar alamat member BBI. Dan ternyata ada dua orang yang berasal dari Sumatera Barat. Yang satu adalah santa yang bermasalah itu.. dan yang satunya adalah mbak IRA ELVIRA."

    yang beralamat di sumatera barat itu ada dua orang. yang pertama itu GH (no. 40) dan yang kedua aku (no. 50).

    Jadi begitulah.. maaf waktu ditanya di twitter aku ga jawab. aku emang jarang make twitter. tahu-nya di mention udah beberapa hari kemudian :(

    Jadi sekarang Susana mau undur diri dulu. semoga untuk tahun depan bisa bikin riddle Cliff Sangra. hahahaha...

    Ira - Padang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha cliff sangra.. ini jadi terbuka kedok umur berapa mbak ira ini :D
      Makasih banyak ya mbak :D buat buku dan riddle nya. Ada semacam kebanggaan bisa mecahin riddle yang mbak dewi dan ren gak bisa pecahkan di bajaj jabodetabek hahah

      Delete
    2. wah selamat mbak, sukses, udah bisa nebak padahal susah banget :D

      aku juga dapet orang-orang tanah tapi belum kesentuh, baca reviewnya jadi pengen cepet namatin :D

      Delete
  14. Cliff Sangraa! huahahha, canggih deh riddlenya kak Ira! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu gak bisa ngetawain aku kan sekarang? *evil grin*
      Tebakanku bener coooy

      Delete
  15. Ah, aku suka judul postingnya, pas mantabs... Gaiman rasa Indonesia!

    ini yang bikin riddle dan yang mecahin riddle sama-sama kueren woy. *duajempol*

    ReplyDelete
  16. aku vote Riddle Susana untuk best reiddle SS kali ini :P

    ReplyDelete
  17. hebaaaat :) analisisnya sesuai pulak sama maksud si santa ya. hihihi...dan kali ini dewi nggak kucluk kucluk lagi XD

    ReplyDelete
  18. hebaaaaaat kak lunaaa! bisa nebak sesuaiii dengan apa yang dipikirkan santa. ahaha, tapi sumpah aku ngakak lho baca diatas ini. Bisa dijadikan cerpen. atau novel. Kisah kak Luna mencari Susana. XDDDD!!!! *ngakakguling-guling*

    ReplyDelete
  19. Hahahaaa ... ngakak pas baca postingan mbak. Tapi, hebat udah bisa nebak siapa Santa Susana nya :D
    Btw, mbak Dewi bisa dijadikan nightmare dalam memecahkan kasus kayak ginian :p

    ReplyDelete