Thursday, January 2, 2014

Anya's Ghost



Silahkan berkunjung ke review Anya's Ghost ini, karena review yang lucu itu adalah sebab darimana aku tau mengenai buku ini, dan menjadi alasan mengapa aku akhirnya tertarik membacanya. Tapi setelah berkunjung ke rumah teman aku tersebut, jangan lupa untuk kembali membaca review ini ya.. hehehe..

Namanya Annus.. (dan aku perlu melihat kembali bukunya untuk dapat menuliskannya secara benar haha) Annuskha Borzakovskaya, seorang imigran rusia yang tinggal di Amerika Serikat. Nama panggilannya.. Anya.



Anya murid SMA di salah satu SMA terjelek ketiga di negara bagian tempatnya tinggal. Status imigran, logat daerah asal yang jelas, serta badan yang gemuk cukuplah untuk menjadikan dia merasa tidak pede dengan keadaannya. Ditambah lagi Ia tidak berotak cemerlang atau mahir berolahraga, hal itu menjadikan dia bukanlah termasuk kelompok gadis populer di Sekolahnya. Bahkan bisa dibilang, satu-satunya teman Anya adalah Shioban, seseorang yang... sama "tidak berguna" nya.



Selama ini Anya naksir sama cowok yang namanya Sean, pacarnya Elizabeth. Mereka bisa dibilang pasangan populer lah ya di sekolah. Sean ganteng dan Elizabeth cantik dengan bentuk tubuh yang selama ini diidam-idamkan Anya.

Dan Anya selalu menganggap hidup ini gak adil buat dia kalau melihat bagaimana Elizabeth yang cantik, populer dan memiliki pacar yang ganteng.

Suatu hari, setelah bertengkar dengan Shioban, Anya berjalan sendirian ke arah taman dalam keadaan marah sehingga tidak melihat jalannya. Terperosoklah dia ke dalam lubang. Nah ternyata ada tengkorak di dalam lubang itu yang berhantu. Nama hantunya Emily.

Nah dari sinilah masalah bermula. Saat Anya diselamatkan dari lubang tersebut, tulang jari kelingking nya Emily kebawa di tasnya. Sehingga Emily bisa ngikutin Anya sampai ke Sekolah dan kamarnya.

Lambat laun, Emily mulai membentuk diri Anya seperti yang dia mau.. dari sinilah akhirnya Anya sadar bagaimana seharusnya dia bersikap terhadap keadaan yang dia miliki. Dan bagaimana dia akhirnya menyadari kalau kolam yang terlihat olehnya tenang, belum tentu tidak ada ikan di dalamnya.

Novel grafis ini benar-benar menyentil dengan cara yang "gaul" sekali. Lewat kehidupan seorang gadis SMU bernama Anya ini, banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Aku gak akan paparkan di sini, biar kalian baca sendiri :D

Gambarnya pun dibuat dengan baik. Untuk edisi terjemahan yang aku baca, beberapa trman mengeluhkan kalau terjemahannya terlampau gaul dan tidak menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang benar, tapi buat aku.. terjemahannya malah bikin komik ini terasa hidup. Jadi terasa banget kalau kita lagi membaca sebuah kisah anak SMA yang tentunya sudah jarang ber-aku-kamu di lingkungan sekitarku. Hehehe


Judul : Anya's Ghost
Author : Vera Brogsol
Penerbit : Mizan Utama

2 comments:

  1. ahhh jadi penasaran pengen baca. kayanya lucu bukunya :)

    ReplyDelete