Wednesday, May 29, 2013

Wishful Wednesday [2]

Wah, ga nyangka cepet banget udah hari rabu lagi. Dan ketemu lagi dengan Wishful Wednesday yang kedua :D . Buat yang belum pernah ikutan, langsung aja ke blognya mbak Astrid di Perpus Kecil . Siapa tahu permohonan kamu dikabulkan oleh Ibu peri Astrid minggu ini :D

Minggu ini aku pengen banget punya bukunya Jared Diamond yang judulnya Guns, Germ & Steel



Pada 1970-an, ketika sedang berada di Papua untuk meneliti burung, Jared Diamond ditanyai oleh sahabatnya yang orang Papua: Mengapa orang kulit putih membuat banyak barang berharga, sementara orang Papua tidak? Pertanyaan itu sebenarnya adalah pertanyaan mengenai mengapa kemajuan peradaban di berbagai benua itu berbeda-beda. Guns, Germs & Steel, buku pemenang Hadiah Pulitzer 1998, adalah jawaban Jared Diamond bagi pertanyaan sahabatnya.

Mengapa sebagian bangsa di dunia bisa mencapai kemajuan teknologi dan peradaban, sehingga lantas menaklukkan dan menjajah bangsa di bagian dunia lain? Apakah itu karena bangsa-bangsa itu hakikatnya lebih unggul daripada lainnya? Atau semua bangsa sama saja, dan yang membedakan adalah faktor lingkungan berupa tanah, iklim, flora-fauna, dan sejarah alam?

Guns, Germs & Steel mengajak kita melihat riwayat peradaban manusia pada masa tepat sebelum masa sejarah—mulai sekitar tahun 11.000 SM—yang justru penting karena pada waktu itulah unsur-unsur pembentuk peradaban manusia seperti pertanian dan bahasa muncul. Dari situ kita diajak meninjau perkembangan di semua benua, dan mengetahui mengapa kemajuan peradaban manusia di berbagai tempat itu berbeda-beda.

Akhir-akhir ini lagi suka baca buku model beginian. Sedang mengisi khazanah hidup dengan bacaan-bacaan yang lebih berbobot #apasih. Terlalu lama membaca buku jenis fantasy or romance or yang sejenis, bikin aku terlalu lama mengawang-ngawang dari bumi.. #tsaah. Semoga minggu ini bisa kebeli yah.. amiiinnnn..




11 comments:

  1. ini juga pernah jadi WWku dan belum terkabul :(

    ReplyDelete
  2. woh woh buku berat nampaknya *masukin ke wish list*

    ReplyDelete
  3. lah, ini juga blognya mbak Luna toh, banyak juga :) bedanya apa mbak sama yg di wp?

    Itu kok judulnya Bedil sih >.<

    ReplyDelete
  4. @mas tez.. *rapal mantra* semoga pas mas tez beli, keinget buat beliin aku juga :))

    @mide.. heheheh buku berat tapi masukin ke wish list juga mbak? :p salam kenal ya :)

    @sulis.. sebenernya aku udah pindah blog kesini. blog wp ku error terus deh. Gak bisa dikutak katik jadinya.. dashboardnya gak bisa dibuka.

    ReplyDelete
  5. Semoga buku (beratnya) terkabul mbak Luna. ^^

    ReplyDelete
  6. Menarik kayaknya, bikin merenung.
    Semoga terkabul ^^

    ReplyDelete
  7. hehe iya tampak berat..
    smoga cepet kesampaian :)

    ReplyDelete
  8. sering denger tentang buku ini, keren kayaknya tapi emang harus mood ya bacanya.. semoga tercapai moon! :p

    ReplyDelete
  9. @dani.. berarti ente kudu beli buku ini dan, kan yg BN itu fav mu :p

    @linda, Keke dan Nathalia.. Thanks ^^

    @kak astrid.. hahah terima kasih. *gak ada L-nya*

    ReplyDelete
  10. sepertinya buku yang menarik..
    kalau udah beli, diceritakan yaa mbak luna.. terus dipinjamkan :3

    ReplyDelete